Arjunasasrabahu 5
"Rahwana memang makluk yang ambek angkara murka. memang pantas menderita dan mati untuk menebus dosa-dosanya. Tapi bukan sekarang. Itutah ketentuan dewata yang aku ketahui. Karena itulah aku memohon kemurahan hati Paduka untuk membebaskan Rahwana. Berilah ia kesempatan untuk hidup dan memperbaiki perilakunya. Apapun persyaratan yang Paduka minta, aku akan memenuhinya." kata Brahmana Pulasta, lembut menghiba.
"Aku juga tidak akan membunuh Rahwana sebagaimana janjiku pada Bhatara Narada. Apa yang aku lakukan sekedar memberi pelajaran pada Rahwana agar ia menyadari, bahwa di jagad raya ini masih banyak titah lain yang dapat mengalahkannya, walau tidak kuasa untuk membunuhnya. Kalau aku membebaskan Rahwana, jaminan apa yang bisa sang Bagawan berikan padaku?" kata Prabu Arjunasasrabahu. "Jaminanku, aku berjanji, Rahwana akan tunduk pada Paduka dan mau merubah sifat angkara murkanya. Aku yakin, Rahwana bersedia menyerahkan negara dan tahta Alengka kepada Paduka dan menjadikan Alengka sebagai negara bagian Maespati. Sebagai imbalan kemurahan hati Paduka membebaskan Rahwana, aku bersedia menghidupkan semua prajurit Maespati yang tewas dalam peperangan!" kata Brahmana Pulasta. Menghargai permintaan brahmana sakti yang tingkat hidupnya sudah setara dewa itu, Prabu Arjunasasrabahu memenuhi apa yang menjadi keinginan Brahmana Pulasta. Rahwana segera dilepaskan dari ikatan rantai yang membelit sekujur tubuhnyaBegitu terbebas, Rahwana langsung duduk bersimpuh di hadapan Prabu
Arjunasasrabahu. Sambil menyembah ia menyatakan tobat dan
berjanji tidak akan berbuat kejahatan lagi. Rahwana juga menyatakan tunduk pada
Prabu Arjunasasrabahu dan rela menyerahkan tahta dan kerajaan Alengka dalam
kekuasaan raja Maespati, dan bersedia menjadi raja taklukan. Prabu Arjunasasrabahu
menerima pertobatan Rahwana. Namun ia tak menghendaki tahta dan negara Alengka.
la hanya menasehati dan meminta Rahwana untuk memerintah dengan adit dan
memanfaatkan kekayaan negara untuk kepentingan rakyatnya. Bukan untuk
kepentingan diri sendiri dan keluarganya. Brahmana Pulasta pun memenuhi
janjinya. Dengan mantera saktinya ia berhasil menghidupkan kembali semua
prajurit Maespati yang tewas dalam peperangan, terkecuali Patih Suwanda. Inilah
yang membuat sedih Prabu Arjunasasrabahu. Ketika ia menanyakan hal itu kepada
Brahmana Pulasta, sang brahmana menjelaskan bahwa kematian Patih Suwanda sudah
mencapai kesempumaan sesuai takdir hidupnya. Ia menemui ajalnya sesuai dengan
karmanya terhadap Sukasrana, adiknya. "Kalau aku paksakan untuk menghidupkan
kembali Rayi Paduka, Patih Suwanda, berarti aku nekad melanggar kehendak Sang
Maha Pencipta. Aku juga telah melanggar niat luhur Sukasrana. Karena arwah
manusia suci itu belum mau masuk ke sorgaloka tanpa bersama-sama arwah
kakaknya, Sumantri -- nama kecil Patih Suwanda !" kata Brahmana Pulasta
menegaskan. Prabu Arjunasasrabahu akhimya dapat menerima penjelasan Brahmana
Pulasta dan merelakan kematian Patih Suwanda. Sepeninggal Brahmana Pulasta dan
Rahwana, Pancaka (api pembakaran mayat) segera disiapkan untuk menyempurnakan
jasad Patih Suwanda. Selesai upacara pembakaran jenazah Patih Suwanda, mereka kembali
ke ibunegeri Maespati.Sejak peristiwa tersebut, negeri Maespati tumbuh menjadi
negara adi daya dan adi kuasa. Kejayaannya merambah sampai lebih dan tiga
perempat isi jagad raya. Prabu Arjunasasrabahu sendiri dikenal sebagai Raja
yang Gung Binatara (Maha Besar dan Maha Berkuasa) * Hampir seluruh raja di
jagad raya secara suka reta tunduk dan hormat kepadanya. Meskipun demikian, ia
tetap bersikap bijaksana, arif dan hormat terhadap sesama titah marcapada. Kebahagaian
Prabu Arjunasasrabahu dilengkapi pula dengan kebahagiaan keluarganya. Dari
pernikahannya dengan Dewi Citrawati, Prabu Arjunasasrabahu berputra Raden
Ruryana. Oleh ayahnya sejak kecil Raden Ruryana dididik dalam berbagai ilmu,
baik ilmu tata kenegaraan maupun ilmu jayakawijayan. Hal ini karena dialah
satu-satunya pewaris tahta dan negara Maespati. Merasa tak ada lagi lawan yang
berarti, dan tak ada lagi gangguan yang mengancam negara
Maespati dan
negara-negara sekutunya, kehidupan selanjutnya dari Prabu Arjunasasrabahu lebih
banyak digunakan bersenangsenang, memanjakan istri, para selir dan
putra-putranya. Akibatnya, semakin asyik hidup dalam kesenangan, Prabu
Arjunasasrabahu mulai melupakan tugas kewajiban menjaga kelestarian dan
kesejahteraan jagad raya (memayu hayuning, bawono). Akibat dari kelalaian Prabu
Arjuansasrabahu tersebut, tanpa sepengetahuannya (tanpa ia sadari-pen), Dewa
Wisnu loncat dari tubuhnya, menitis pada Ramaparasu, putra bungsu dari lima
bersaudara putra Resi Jamadagni dan Dewi Renuka, raja negara Kanyakawaya yang
hidup sebagai brahmana di pertapaan Daksinapata. Ramaparasu sedang melaksanakan
sumpah dendamnya, ingin membunuh setiap satria yang dijumpainya. Sumpah itu terlontar
sebagai akibat dari perbuatan Prabu Citrarata, yang telah menodai ibunya, Dewi
Renuka, serta perbuatan Raja Hehaya yang telah menghancurkan pertapaan
Daksinapata dan membunuh Resi Jamadagni, ayahnya. Beberapa tahun kemudian,
Prabu Arjunasasrabahu dan Ramaparasu saling bertemu di sebuah hutan. Saat itu
Prabu Arjunasasrabahu sedang melakukan perburuan di hutan. Seperti biasa,
setiap melakukan perburuan, Prabu Arjunasasrabahu selalu mengajak serta Dewi
Citrawati, semua para selir, para dayang dan para raja sekutunya. Ikut serta
dalam rombongan tersebut ratusan prajurit pengawal dan para kerabat kerajaan
Maespati lainnya. Sehingga kegiatan perburuan tak ubahnya kegiatan wisata keluarga
besar Kerajaan Maespati. Perkemahan besar pun dibangun di tengah hutan sebagai
tempat tinggal Dewi Citrawati, para selir dan dayang-dayang. Sementara Dewi
Citrawati dan para selir dan dayang tinggal di perkemahan dalam kawalan para
prajurit, Prabu Arjuansasrabahu disertai Prabu Kalinggapati, Prabu Soda, Prabu
Candraketu dan beberapa hulubalang melakukan perburuan binatang ke tengah
hutan. Pada saat melakukan perburuan itulah Prabu Arjunasasrabahu di hadang
oleh Ramaparasu. Ramaparasu sengaja menghadangnya setelah mendapat petunjuk
dari seorang brahmana, bahwa raja yang sedang melakukan perburuan adalah Prabu
Arjunasasrabahu, raja penjelmaan Dewa Wisnu dari negara Maespati.
Atas anugerah dewata sesuai doa dan permohonan ayahnya, Resi damadagni, Ramaparasu hanya akan mati oleh perantaraan titisan Dewa Wisnu. Karena itu setelah ia lama malang melintang membunuh para satria, dan merasa telah bosan hidup, ia berusaha mencari satria penjelmaan Dewa Wisnu, untuk memintanya mengantarkan kembali ke alam kelanggengan. Karena itu ketika dalam pengembaraannya ia bertemu dengan seorang brahmana yang memberitahukan bahwa Dewa Wisnu menitis pada Prabu Arjunasasrabahu, Ramaparasu berusaha mencari Prabu Arjunasasrabahu sampai ke negara Maespati, dan akhimya menyusul ke hutan. Penghadangan yang dilakukan oleh Ramaparasu, sangat menggembirakan hati Prabu Arjunasasrabahu. Perawakan Ramaparasu yang tinggi besar, kekar dan menakutkan itu dengan dua pusaka, Kapak dan Bargawastra, menerbitkan suatu harapan besar di hati Arjunasasrabahu, bahwa yang menghadangnya ini adalah penjelmaan Dewa Wisnu -- pada saat itu Prabu Arjunasasrabahu telah menyadari Dewa Wisnu telah meninggalkan dirinya. Karena itu ia pun ingin mati melalui perantaraan Dewa wisnu.
Atas anugerah dewata sesuai doa dan permohonan ayahnya, Resi damadagni, Ramaparasu hanya akan mati oleh perantaraan titisan Dewa Wisnu. Karena itu setelah ia lama malang melintang membunuh para satria, dan merasa telah bosan hidup, ia berusaha mencari satria penjelmaan Dewa Wisnu, untuk memintanya mengantarkan kembali ke alam kelanggengan. Karena itu ketika dalam pengembaraannya ia bertemu dengan seorang brahmana yang memberitahukan bahwa Dewa Wisnu menitis pada Prabu Arjunasasrabahu, Ramaparasu berusaha mencari Prabu Arjunasasrabahu sampai ke negara Maespati, dan akhimya menyusul ke hutan. Penghadangan yang dilakukan oleh Ramaparasu, sangat menggembirakan hati Prabu Arjunasasrabahu. Perawakan Ramaparasu yang tinggi besar, kekar dan menakutkan itu dengan dua pusaka, Kapak dan Bargawastra, menerbitkan suatu harapan besar di hati Arjunasasrabahu, bahwa yang menghadangnya ini adalah penjelmaan Dewa Wisnu -- pada saat itu Prabu Arjunasasrabahu telah menyadari Dewa Wisnu telah meninggalkan dirinya. Karena itu ia pun ingin mati melalui perantaraan Dewa wisnu.
No comments:
Post a Comment